Senin, 24 Desember 2012

BAB 9


PEMROSESAN FILE & KONSEP MANAJEMEN DATA

Ø  Tinjauan Sekilas Tentang Teknologi
Field, Item Data, Atribut, dan Elemen sering digunakan bergantian untuk menggambarkan bagian terkecil dalam data yang akan disimpan dan dimunculkan kembali dalam sebuah sistem informasi. Jika hanya beberapa bagian field yang dibutuhkan pengguna, field tersebut harus dibagi ke dalam beberapa item data. Sebuah field mungkin hanya merupakan sebuah karakter tunggal atau angka, atau terdiri dari banyak karakter atau angka.
Contoh field :
a)      Nama pelanggan
b)      Nomor jaminan sosial karyawan
c)      Nomor pesanan penjualan
d)      Nomor rekening pelanggan
Sebuah field biasanya secara logika diasosiasikan dengan field lainnya,sebuah pengelompokkan logis field disebut record. Record adalah kelompok item data yang terkait dengan entitas tertentu seperti :
a)      Seorang pelanggan
b)      Karyawan
c)      Vendor
d)      Tagihan, dan sebagainya

Ø  Evolusi Teknologi Database
Pengembangan dalam teknologi untuk melakukan masukan data ke komputer secara umum berperan dalam perkembangan database secara pesat. Dengan sistem manajemen databes , data disimpan dalam format standar dengan menggunakan bahasa definisi data - data definition language, dimanipulasi dan dimutakhirkan dengan menggunakan bahasa manipulasi database - database manipulation language, dan dipanggil dengan menggunakan bahasa kueri database-database.
a)      Layanan informasi online.
Banyak perusahaan mengumpulkan informasi dari layangan on-line yang harus dikaitkan secara sistematis dengan sistem informasi mereka.
b)      Expert system.
sistem ahli membantu pengambilan keputusan tingkat tinggi dan telah sukses diterapkan dalam beberapa area.
c)      Pemrograman berorientasi - objek.
Meliputi pendefinisian objek-objek dari daftar atau kumpulan informasi yang rumit. Hal menjadi objek : daftar komponen-komponen persediaan, kelompok pelanggan, atau bahkan kumpulan foto.
d)      Sistem hiperteks.
Memungkinkan para pemakai untuk mengambil database dengan cara random melalui pemilihan kata-kata kunci.
e)      Sistem database intelijen
Sistem ini merefleksikan kecenderungan penggabungan seluruh teknologi-teknologi terbaru, termasuk yang paling muktahir, ke dalam satu sistem database.

Ø  Sistem Manajemen Database & Arsiktektur
Sistem Manajemen Database atau adalah program komputer yang memampukan seorang pengguna untuk menciptakan dan memperbaharui file-file, menyeleksi dan memunculkan kembali data, dan menghasilkan beragam output dan laporan-laporan. Terdapat tiga tingkatan arsitektur yang relevan dengan database dan manajemen database; arsitektur tingkat konseptual, arsitektur tingkat logis, dan arsitektur tingkat fisik. Pada tingkat konseptual, database merupakan kumpulan beragam elemen informasi yang akan digunakan untuk tujuan- tujuan yang telah dipilih. Catatan dan field- field dalam database distrukturkan dan diorganisasikan dalam beberapa pola logis, sehingga membantu pembentukan struktur data logis. Terdapat tiga jenis struktur data logis yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu : hirarkis, jaringan, dan relasional.
a)      Arsitektur Konseptual.
Model data hubungan entitas- entity relationship (ER) merupakan pendeketan yang populer. Model ER menggambarkan hubungan antar segmen secara sederhana. Terdapat pula metode- metode konseptual lainnya, termasuk teknik pembuatan model berorientasi-obyek-object-oriented modeling technique (OMT), yang pada dasarnya dikembangkan untuk pemrograman berorientasi- obyek dan diadaptasi untuk pembuatan model Blaha, Premerlani, dan Rumbaugh. Kelas obyek berkaitan dengan segmen, dan obyek berkaitan dengan bagian tertentu.
b)      Arsitektur Database pada Tingkat Logis : Struktur Database Logis.
Hubungan- hubungan yang timbul antara segmen- segmen dalam database ditentukan oleh struktur data logis, yang juga disebut skema atau model database.
Referensi :
rooswhan.staff.gunadarma.ac.id
http://stekpididadaku.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar