Selasa, 25 Desember 2012

BAB 13


PERENCANAAN SISTEM
Perencanaan adalah suatu proses penetapan terlebih dahulu apa-apa yang akan dikerjakan. Pengembangan sistem informasi dengan pendekatan system life cycel dimulai dnegan mebuat perencanaan, analisa dan perancangan secara rinci.
·         Langkah-langkah perencanaan system
Adapun langkah-langkah dalam perancangan sistem meliputi :
a)      Physical System
Physical system berupa bagan alir sistem ( System Flowchart ) ataupun bagan alir dokumen ( Document Flowchart ).
b)      Logical Model
Logical Model dapat digambarkan dengan menggunakan diagram arus data atau ( DFD ). DFD digunakan untuk menggunakan sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika.

·         Pertimbangan-pertimbangan perencanaan umum
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem secara umum merupakan persiapan dari desain secara terinci. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistim informasi yang akan didesain secara rinci. Desain terinci dimaksudkan untuk pemrogram computer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem. Tahap desain sistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen. Pada tahap desain secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasi kepada user bukan untuk pemrogram. Komponen sistem informasi yang didesain adalah model, output, input, database, teknologi dan kontrol.

·         Teknik-teknik Perancangan
Perancangan Sistem dapat dibagi dalam dua bagian yaitu :
a)      Perancangan sistem sec.umum/perancangan konseptual, perancangan logikal/perancangan sec.makro
b)      Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara phisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar