Kamis, 10 November 2011

Pengertian SATA, PATA, RAID, dan SCSI


Serial ATA (SATA atau Serial Advanced Technology Attachment) adalah bus komputerantarmuka untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massalseperti drive hard disk dan drive optik. Serial ATA ini dirancang untuk menggantikanparalel ATA yang lebih tua (PATA) standar (sering disebut dengan IDE nama lama), menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan antarmuka yang lebih tua: kabel ukuran dikurangi dan biaya (7 konduktor bukan 40), bertukar panas asli, lebih cepat transfer datamelalui harga yang lebih tinggi sinyal, dan transfer lebih efisien melalui (opsional) I / Oantrian protokol. SATA host adapter dan perangkat berkomunikasi melalui kabel serial kecepatan tinggilebih dari dua pasang konduktor. Sebaliknya, paralel ATA (yang redesignation untuk spesifikasi ATA warisan) menggunakan bus 16-bit lebar data dengan dukungan tambahan banyak dan sinyal kontrol, semua beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah.Untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak dan aplikasi warisan ATA,SATA menggunakan ATA ATAPI dasar yang sama dan perintah-ditetapkan sebagaiwarisan perangkat ATA. Pada 2009, SATA telah menggantikan paralel ATA di desktop pengiriman konsumen yang paling dan komputer laptop, dan diharapkan untuk akhirnya menggantikan PATAdalam aplikasi embedded di mana ruang dan biaya merupakan faktor penting. Pangsa pasar SATA di pasar desktop PC adalah 99% pada tahun 2008. [2] PATA tetap banyak digunakan dalam aplikasi industri dan tertanam yang menggunakan penyimpananCompactFlash, meskipun di sini, standar penyimpanan CFast berikutnya akan didasarkan pada SATA. 
  PATA (Pararel ATA) Pada awalnya harddisk PATA disebut hanya dengan ATA, namun setelah munculnya SATA ditambahkan kata Pararel didepannya untuk membedakan antara teknologi PATA dan SATA. Disebut dengan Pararel ATA karena pemasangannya dilakukan secara pararel dengan device / IDE lainnya. PATA tidak memiliki kemampuan Hot Swappable, kabel data yang dibutuhkan mencapai 40 kabel yang membuatnya dinilai tidak praktis, serta memiliki panjang kabel interface maksimal 18 inci (46 cm), namun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage. Interface ini juga mengalami perkembangan yang lambat mulai dari tahun 1994. UDMA 6 (133) atau Ultra DMA 133 adalah terobosan terakhir yang dikeluarkan pada tahun 2005 dan mulai saat itu boleh dibilang perkembangan harddisk PATA berhenti. PATA (Pararel ATA) Pada awalnya harddisk PATA disebut hanya dengan ATA, namun setelah munculnya SATA ditambahkan kata Pararel didepannya untuk membedakan antara teknologi PATA dan SATA. Disebut dengan Pararel ATA karena pemasangannya dilakukan secara pararel dengan device / IDE lainnya. PATA tidak memiliki kemampuan Hot Swappable, kabel data yang dibutuhkan mencapai 40 kabel yang membuatnya dinilai tidak praktis, serta memiliki panjang kabel interface maksimal 18 inci (46 cm), namun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage. Interface ini juga mengalami perkembangan yang lambat mulai dari tahun 1994. UDMA 6 (133) atau Ultra DMA 133 adalah terobosan terakhir yang dikeluarkan pada tahun 2005 dan mulai saat itu boleh dibilang perkembangan harddisk PATA berhenti. 
  RAID, singkatan dari Redundant Array of Independent Disk (Redundant Array awalnya of Inexpensive Disk), adalah teknologi penyimpanan yang memberikan peningkatan kehandalan dan fungsi melalui redundansi. Hal ini dicapai dengan menggabungkanbeberapa komponen drive hard disk ke dalam sebuah unit logis, dimana datadidistribusikan di seluruh drive dalam salah satu dari beberapa cara yang disebut "tingkat RAID", konsep ini adalah contoh dari virtualisasi penyimpanan dan pertama kali didefinisikan oleh David A. Patterson, Garth A. Gibson, dan Randy Katz dari University ofCalifornia, Berkeley pada 1987 sebagai redundant array of Inexpensive Disk [1] Pemasarmewakili produsen RAID industri kemudian berusaha untuk menemukan kembali istilah untuk menggambarkan berlebihan array disk independen sebagai sarana. memisahkanharapan biaya rendah dari teknologi RAID. [2] RAID sekarang digunakan sebagai istilah payung untuk skema penyimpanan data komputer yang dapat membagi dan replikasi data antara drive fisik. Drive fisik dikatakan dalam RAID, [3] yang diakses oleh sistem operasi sebagai salah satu drive tunggal.Skema yang berbeda atau arsitektur yang ditunjuk oleh kata RAID diikuti dengan nomor(misalnya, RAID 0, RAID 1). Skema masing-masing memberikan keseimbangan yang berbeda antara dua tujuan utama: meningkatkan keandalan data dan meningkatkan input /output kinerja. 
 Sistem Antarmuka Komputer Kecil (SCSI) adalah satu set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antara komputer dan perangkat periferal. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol, dan antarmuka listrik dan optik. SCSI adalah yang paling umum digunakan untuk hard disk dan tape drive,tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk scanner dan CD drive.Standar SCSI mendefinisikan perintah untuk set tertentu jenis perangkat periferal, kehadiran "tidak diketahui" sebagai salah satu jenis berarti bahwa dalam teori dapat digunakan sebagai interface untuk hampir perangkat apapun, tetapi standar ini sangatpragmatis dan ditujukan terhadap persyaratan komersial . SCSI adalah, cerdas perifer, buffer, peer to peer antarmuka. Ini menyembunyikankompleksitas dari format fisik. Setiap perangkat melekat pada bus SCSI dalam cara yang sama. Sampai dengan 8 atau 16 perangkat dapat dilampirkan ke sebuah bus tunggal.Ada dapat sejumlah host dan perangkat periferal tapi harus ada setidaknya satu host.SCSI menggunakan sinyal tangan berjabat antar perangkat, SCSI-1, SCSI-2 memiliki pilihan untuk memeriksa kesalahan paritas. Dimulai dengan SCSI-U160 (bagian dariSCSI-3) semua perintah dan data yang diperiksa oleh kesalahan checksum CRC32.Protokol SCSI mendefinisikan komunikasi dari host ke host, host ke perangkat periferal,perangkat periferal ke perangkat periferal. Namun sebagian besar perangkat periferalsecara eksklusif target SCSI, mampu bertindak sebagai pemrakarsa SCSI-tidak mampuuntuk memulai SCSI transaksi itu sendiri. Oleh karena itu perifer-untuk-komunikasi periferjarang terjadi, tapi mungkin dalam aplikasi SCSI umum. Logika Symbios chip 53C810contoh dari antarmuka host PCI yang dapat bertindak sebagai target SCSI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar