PERENCANAAN
DAN ANALISIS SISTEM
·
Perencanaan
system & analisis kelayakan
A. Analisis kelayakan
Tujuannya adalah :
Tujuannya adalah :
a) Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi
yang diusulkan
b) Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang
diusulkan tersebut benar – benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan
memperhatikan kendala yang terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap
lingkungan sekeliling.
B. Perencanaan sistem dan analisis sistem
mencakup 7 tahap yaitu :
a) Pembahasan dan perencanaan pada tingkat
manajemen puncak
b) Penetapan dewan pengarah perencanaan system
c) Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan
d) Pengembangan perencanaan sistem informasi
strategic
e) Identifikasi dan memprioritaskan area spesifik
dalam organisasi sebagai focus pengembangan system
f) Pembuatan proposal sistem untuk mendukung
dasar analisis dan perancangan awal sub system tertentu
g) Pembentukan tim untuk tujuan analisis
perancangan awal sistem.
C. Tugas – tugas analisis kelayakan :
a) Penentuan masalah dan peluang yang dituju
system
b) Pembentukan sasaran sistem baru
c) Pengidentifikasian para pemakai sistem
D. Metode penentuan penganggaran modal :
a) Payback period
b) Net present value
c) Internal rate of return
d) Modified internal rate of return.
E. Ukuran kelayakan :
a) Teknologi
b) Ekonomi
c) Non ekonomi
d) Organisasi atau operasional
e) Jadwal
·
Langkah-langkah
analisis system
Di dalam tahap analisis sistem
terdapat langkah-langkah dasar yang harusdilakukan oleh analisis sistem sebagai
berikut ini :
a) Identify,yaitu memahami kerja dari sistem yang
ada
b) Understand,yaitu memahami kerja dari sistem
yang ada
c) Analyze,yaitu menganalisis system
d) Report, yaitu membuat laporan hasil analisis
·
Teknik – teknik
pengumpulan fakta
Fakta merupakan bagian dari informasi
yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis
permodelan, Ada tiga sumber yaitu :
I.
Sistem yang
berjalan menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu
sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga
menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis mengidentifikasikan
sumber yang ada bagi sistem yang baru.
II.
Sumber internal
lainnya, Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang
baru.Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen
dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan
organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
III.
Sumber eksternal.
Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan teknik.
Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan.
Teknik-teknik mengorganisasikan fakta.
Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari :
I.
Analisis
pengukuran kinerja
II.
Analisis
Distribusi kerja
III.
Analisis
Fungsional
IV.
Analisis Matriks
·
Analisis system
terstruktur
Adalah Salah satu pendekatan formal
pertama untuk analisis sistem informasi. Analisis ini terfokus pada aliran data
dan proses bisnis dan perangkat lunak. Analisis ini disebut proses oriented.
Analisis terstruktur sederhana dalam konsep. Proses analis menggambarkan
serangkaian proses dalam bentuk diagram alir data (Data Flow Diagram) yang
menggambarkan proses yang ada atau yang diusulkan bersama-sama dengan input ,
output dan file mereka.
Referensi :
http://www.scribd.com/doc/61769938/16/Langkah-langkah-Menganalisis-Sistem
http://destyapriliantini.wordpress.com/2012/01/13/bab-12-perencanaan-dan-analisis-sistem/
http://www.scribd.com/doc/61769938/16/Langkah-langkah-Menganalisis-Sistem
http://destyapriliantini.wordpress.com/2012/01/13/bab-12-perencanaan-dan-analisis-sistem/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar